HeadlineLampung Raya

Pemprov Lampung Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96

BANDAR LAMPUNG — Inspektur Provinsi Lampung, Fredy menjadi pembina Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-96 Tahun 2024, di Lapangan KORPRI Kantor Gubernur Lampung, Senin (28/10/2024).

Dalam sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) yang dibacakan oleh Inspektur Provinsi Lampung, Fredy, menyatakan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 yang bersamaan dengan masa transisi pemerintahan baru akan mengarahkan langkah bangsa Indonesia untuk mewujudkan target-target pembangunan jangka menengah. Hal ini akan menjadi landasan pencapaian target pembangunan jangka panjang 2045, yaitu terwujudnya Indonesia Emas yang ditandai dengan kemajuan dan kesejahteraan yang semakin tinggi, serta peran bangsa Indonesia yang lebih kuat dalam kancah global.

Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024 mengangkat tema ‘Maju Bersama Indonesia Raya’. Tema ini menyampaikan pesan kepada bangsa Indonesia untuk meningkatkan elemen-elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia raya, besar dan sejahtera.

Harapan tertuju kepada pemuda Indonesia agar dapat lebih berperan dalam pembangunan nasional, mengingat pemuda adalah pemilik masa depan. Inspektur juga berharap momentum ini dapat dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk lebih memperhatikan agenda pengembangan kepemudaan sebagai bagian penting dalam pembangunan Indonesia, baik dengan pemuda sebagai subjek maupun objek pembangunan.

Hasil pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) sebagai indikator kualitas kepemudaan pada tahun 2024 berada pada 56,33 persen. Dengan rincian capaian domain pendidikan sebesar 70,00 persen, domain kesehatan dan kesejahteraan sebesar 65,00 persen, domain gender dan diskriminasi sebesar 53,33 persen. Sementara itu domain lapangan dan kesempatan kerja sebesar 45,00 dan domain partisipasi dan kepemimpinan sebesar 43, 33 persen.

Dengan angka pencapaian ini, Indeks Pembangunan Pemuda masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, pemerintah daerah berperan penting dalam menggerakan pelayanan kepemudaan. Peran ini di wujudkan dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan yang baik dan berkesinambungan, serta dapat diwujudkan dalam bentuk Rencana Aksi Daerah (RAD) layanan kepemudaan.

Pada akhir sambutan, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mengembangkan potensi melalui aktivitas yang mendorong perkembangan
kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia.

“Marilah kita bersama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai dengan kompetensi dan passion masing-masing. Marilah kita perbaiki kepedulian kita kepada pemuda Indonesia melalui perbaikan pelayanan kepemudaan, perbaikan tata-kelola pelayanan kepemudaan, dan dukungan sumber daya hingga kondisi kepemudaan Indonesia menjadi lebih baik yang tercermin dengan kenaikan Indeks Pembangunan Pemuda.” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Penyerahan Penghargaan Kepada Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024 oleh Inspektur Provinsi Lampung. (Dikominfotik)

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.