HeadlineLampung Raya

Berlanjut, 16 Pejabat Eselon II Pemprov Lampung Bakal Digeser

BANDAR LAMPUNG – Penataan jajaran birokrasi di Pemprov Lampung era Pj Gubernur Samsudin tampaknya masih bakal berlanjut. Belum puas merolling 70-an pejabat eselon III dan IV, kini tengah dimatangkan agenda “menggusur” 16 pejabat eselon II.

Seperti telah menjadi perbincangan publik, sebenarnya sejak bulan September lalu Pj Gubernur telah mengajukan pergeseran posisi 11 pejabat eselon II dan telah mendapat lampu hijau dari Kemendagri. Namun tidak jelas mengapa, hingga menjelang akhir Oktober, tidak juga dilakukan pelantikan.
Yang terbaru justru terungkap bila Pj Gubernur mengajukan lima lagi pejabat eselon II yang bakal digeser.

Kabar bertambahnya pejabat eselon II yang akan dimutasi tersebut, demikian dikutip dari rilis.id, tertuang dalam Surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor: 100.2.2.6/8024/OTDA. Di mana ada lima nama pejabat yang diizinkan untuk dilakukan uji kompetensi.

Mereka terdiri dari; Asisten Administrasi Umum Setdaprov, Senen Mustakim, Kepala Badan Kesbangpol, Muhammad Firsada, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Yudhi Alfadri, dan Kepala Biro Pemerintahan & Otda, Binarti Bintang, serta Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Kabupaten Pesawaran, Muhammad Alhusnuriski.

Surat Kemendagri yang ditandatangani Plt Sekjen Kemendagri, Tomsi Tohir, itu merupakan balasan surat yang diajukan Pj Gubernur Samsudin.

Sampai saat ini, belum diketahui kapan akan dilaksanakannya uji kompetensi oleh Pemprov Lampung untuk menata ulang jabatan eselon II tersebut. Baik 11 nama sebelumnya, dan lima nama susulan. 11 nama pejabat eselon II yang sudah ramai dikabarkan akan dirolling adalah Inspektur, Fredy SM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sulpakar, dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yurnalis.

Lalu Slamet Riadi, Kepala Biro Pengadaan dan Jasa Setdaprov yang merangkap Plt Kepala Bapenda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Emilia Kusumawati, Kepala Dinas Koperasi & UMKM, Samsurijal, Kepala Biro Hukum, Puadi Jailani, dan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Intizam, serta Kepala Satpol PP, Muhammad Zulkarnain.

Disebut-sebut, dua nama dari kabupaten bahkan dikabarkan masuk daftar calon pengisi jabatan eselon II Pemprov Lampung. Yaitu Bayana yang saat ini Asisten I Setdakab Tulang Bawang Barat, dan Thomas Americo, Sekretaris DPRD Kabupaten Lampung Selatan.

Sumber media ini Senin (28/10/2024) siang, menyampaikan informasi bahwa rencana Pj Gubernur Samsudin merolling belasan pejabat eselon II akan mengalami hambatan. Karena belum masuknya satu nama pejabat dari Pemkab Pesawaran yang memiliki kedekatan khusus dengan petinggi di Kemendagri.

“Nggak bakal jalan rencana Pj Gubernur menggusur belasan pejabat eselon II itu. Salah satu faktornya, dia salah nama dalam mengusulkan pejabat dari Pemkab Pesawaran. Kita lihat aja perkembangannya kalau tidak percaya,” kata sumber ini melalui telepon. (fjr)

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.